Home Top Ad

Responsive Ads Here

Manfaat Buah Semangka Bagi Kesehatan

Share:
manfaat semangka bagi tubuh


Blog Frans - buah semangka diketahui juga menawarkan segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Semangka merupakan buah atau makanan yang padat akan gizi, mengandung jumlah vitamin, mineral, dan antioksidan yang tinggi, serta rendah kalori.
Nutrisi yang terkandung dalam buah semangka

Satu potong semangka (152 gram) mengandung 43 kalori, 0 gram lemak, 2 gram natrium, 11 gram karbohidrat (termasuk 9 gram gula dan 1 gram serat) dan 1 gram serat. Satu cangkir semangka akan memberikan 17% vitamin A, 21% vitamin C, 2% besi dan 1% dari kebutuhan kalsium dalam sehari.

Buah Semangka juga mengandung thiamin, riboflavin, niasin, vitamin B-6, folat, asam pantotenat, magnesium, fosfor, kalium, seng, tembaga, mangan, selenium, kolin, lycopene dan betaine. Semangka mengandung lycopene lebih banyak dibandingkan buah atau sayuran lainnya.

Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa peningkatan konsumsi makanan nabati seperti semangka dapat menurunkan risiko obesitas, meningkatkan kesehatan kulit dan rambut, meningkatkan energi, dan menjaga berat badan.
Manfaat Buah Semangka

Mencegah asma
Risiko untuk mengembangkan asma diketahui lebih rendah pada orang yang mengkonsumsi sejumlah nutrisi tertentu. Salah satu nutrisi ini adalah vitamin C, ditemukan dalam banyak buah-buahan dan sayuran, termasuk semangka.

Tekanan darah
Sebuah studi yang diterbitkan oleh American Journal of Hypertension menemukan bahwa suplementasi ekstrak semangka mengurangi tekanan darah pada pergelangan kaki, tekanan darah brakialis dan refleksi gelombang karotis pada orang gemuk dewasa setengah baya dengan prehipertensi atau hipertensi stadium 1. Ekstrak semangka juga meningkatkan fungsi arteri. Makanan kaya lycopene seperti semangka juga dapat membantu melindungi terhadap penyakit jantung.

Pencernaan
Semangka mengandung banyak air dan serat sehingga dapat membantu mencegah sembelit dan mempromosikan saluran pencernaan yang lebih sehat.

Kanker
Sebagai sumber yang sangat baik dari antioksidan vitamin C yang kuat serta antioksidan lainnya, semangka dapat membantu memerangi pembentukan radikal bebas yang diketahui dapat menyebabkan kanker. Asupan Lycopene telah dikaitkan dengan penurunan risiko kanker prostat dalam beberapa penelitian.

Hidrasi
Terdiri dari 92% air dan penuh dengan elektrolit penting, semangka adalah makanan ringan yang baik untuk dikonsumsi pada cuaca yang panas untuk mencegah dehidrasi.

Nyeri otot
Semangka dan jus semangka telah terbukti mengurangi nyeri otot dan meningkatkan waktu pemulihan setelah berolahraga pada atlet. Para peneliti mempercayai bahwa yang membuat itu semua terjadi adalah asam amino L-citruline yang terkandung dalam semangka.

Peradangan
Kolin adalah nutrisi yang sangat penting dan serbaguna dalam semangka, membantu tubuh kita dalam tidur, gerakan otot, belajar, dan daya ingat. Kolin juga membantu mempertahankan struktur membran sel, membantu terhadap transmisi impuls saraf, membantu penyerapan lemak, dan mengurangi peradangan.

Kulit
Semangka juga bagus untuk kulit karena mengandung vitamin A, nutrisi yang dibutuhkan untuk produksi sebum yang membuat rambut lembab. Vitamin A juga diperlukan untuk pertumbuhan semua jaringan tubuh, termasuk kulit dan rambut. Asupan vitamin yang cukup juga dibutuhkan untuk membangun dan menjaga kolagen, yang memberikan struktur pada kulit dan rambut. Semangka juga berkontribusi terhadap hidrasi secara keseluruhan yang sangat penting untuk menjaga kulit dan rambut tetap sehat.

Tidak ada komentar