Home Top Ad

Responsive Ads Here

Cara Mencegah Bau Kaki

Share:
Blog Frans - Ada lebih dari setengah juta kelenjar keringat di kaki Anda. Sehingga tak heran bila telapak kaki Anda menjadi ekstra 'harum' ketika cuaca sedang panas. Dilansir oleh Allure.com, ahli penyakit kaki Carolyn McAloon, DPM, menjelaskan bagaimana Anda dapat menjaga telapak kaki Anda berbau manis. Penasaran 'kan?
mencegah bau kaki

Pertama, berikan sepatu terkena udara ketika musim kemarau. Pastikan setiap pasangan mendapatkan waktu untuk 'bernafas'. Sepatu membutuhkan setidaknya 24 jam untuk mengering. Menurut McAloon, hindari menggunakan sepatu yang sama setiap harinya.
Kedua, rendam kaki Anda. Untuk melawan bau kaki, rendam kaki Anda dalam air hangat selama 15 menit beberapa kali selama seminggu. Tambahkan 4-6 tetes minyak tanaman the sebagai anti mikroba. Awas, produk palsu ya guis.

Ketiga, jangan sungkan jika anda ingin memakai kaos kaki atau stocking kaki. Semua kaos kaki dari katun dapat membuat kaki Anda berkeringat. Cobalah alternatif lain misal menggunakan kaos kaki yang terbuat dari campuran nylon katun atau wol yang ramah lingkungan.

Keempat, jangan taruh di lemari. Sebagian besar dari kita menaruh begitu saja sepatu di dalam lemari. Anda jangan lupa kalau di dalam bisa berkembang jamur di ruang gelap berukuran sempit. Tinggalkan sepatu di tempat dengan sirkulasi udara yang cukup.


atau bisa juga dengan cara ini :


1. Rendam kaki dalam air garam
Garam mampu menarik kelembaban dari kulit sehingga mengurangi bakteri yang hidup di sana. Untuk mengatasi bau yang mengganggu, rendamlah kaki dalam air larutan garam sekitar 20 menit. Lakukan ini setiap hari selama dua minggu.

2. Masukkan cuka
Cuka dapat membuat lingkungan yang tidak nyaman bagi bakteri untuk berkembang biak. Karenanya, merendam kaki dalam larutan cuka selama 30 menit setiap hari dalam seminggu akan mengurangi jumlah bakteri di sana.

3. Manfaatkan teh
Asam dalam teh dalam mengecilkan pori-pori sehingga mengurangi keringat yang keluar. Teh juga berperan sebagai antibiotik alami yang mengurangi jumlah bakteri pada kaki. Merendam kaki dalam larutan teh hangat selama 30 menit mungkin akan membantu mengatasi permasalahan bau kaki.

4. Pilih kaus kaki yang benar
Bahan seperti nilon akan menyerap kelembaban di kaki, sementara katun akan memudahkan kaki untuk "bernapas". Bila perlu, selalu sediakan kaus kaki cadangan untuk mengganti kaus kaki yang sudah basah oleh keringat.

5. Semprot sepatu
Menyemprot sepatu dengan cairan desinfektan yang mengandung etanol atau bahan antibakteri lainnya dapat membunuh bakteri pada sepatu. Dengan berkurangnya jumlah bakteri dalam sepatu, semakin sedikit risiko timbulnya bau kaki.

6. Gunakan tepung
Mengatasi bau kaki tidak perlu dengan menggunakan bedak atau semprotan yang mahal, cukup dengan gunakan tepung jagung pada sepatu, hal itu sudah mampu mengurangi kelembaban pada kaki sehingga mengurangi bau.

Selamat mencoba.

Tidak ada komentar